DaerahHukum dan HAMSumut

Dukung Penurunan Angka Residivis dengan melakukan Integrasi Sosial, Lapas Lubuk Pakam ikuti Rapat Koordinasi

213
×

Dukung Penurunan Angka Residivis dengan melakukan Integrasi Sosial, Lapas Lubuk Pakam ikuti Rapat Koordinasi

Sebarkan artikel ini

Lubuk Pakam I Tambun Pos

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lubuk Pakam Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara ikuti rapat koordinasi pembentukan Griya Abhipraya di Wilayah Sumatera Utara pada Rabu, 31 Mei 2023.

Kegiatan yang bertempat di Le Polonia Hotel & Convention ini turut dihadiri sejumlah pihak seperti : Imam Suyudi ( Kakanwil Kemenkumham Sumatera Utara ), Rudy F Sianturi ( KadivPas Kemenkumham Sumatera Utara ), serta seluruh perwakilan UPT Pemasyarakatan Sumatera Utara yang terhubung baik secara daring maupun luring.

Adapun tujuan dilakukannya rapat koordinasi ini adalah penyamaan persepsi, wacana, dan tata kelola keberlangsungan Griya Abhipraya di wilayah Sumatera Utara. Griya Abhipraya sendiri merupakan sebuah rumah yang diusung oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dalam rangka menyediakan rumah singgah/pengharapan bagi setiap mantan Narapidana untuk dipertemukan dengan Pokmas Lipas ( Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan ). Akan ada berbagai macam pelatihan dan pendidikan yang dilakukan didalam sebagai upaya Pemasyarakatan dalam melakukan reintegrasi sosial.

Penggunaan gedung Griya Abhipraya yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan penunjukkan Pilot Project Bapas Kelas I Medan ini, tidak hanya sebagai ajang perjumpaan antara Pokmas Litmas dengan mantan Narapidana saja. Namun juga sebagai wadah para pihak dalam melaksanakan keadilan restorative di Indonesia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Tim Humas Lapas Lubuk Pakam, Alanta Imanuel Ketaren ( Kalapas Lubuk Pakam ) melalui Edward P Situmorang ( Kasi Binadik dan Giatja ) dan Dody Efrata Ginting ( Kasubsi Regristrasi ) menjelaskan adanya gedung Griya Abhipraya ini merupakan suatu solusi yang baik dan wadah yang baik bagi setiap pihak. Setiap mantan Narapidana yang mana sebelumnya dilakukan proses integrasi sosial “seadanya” namun berkat adanya Griya Abhipraya mantan Narapidana akan merasa bahwa dirinya bukan lagi “sampah masyarakat” namun merasa dibutuhkan di masyarakat karena telah berkontribusi terhadap perekonomian, “Tutup Edward.

(ris/TP)

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~