Scroll Untuk Baca Artikel
NasionalPendidikan

Buat Para Lulusan SMA/SMK Sederajat, Ini 10 Sekolah Kedinasan Yang Wajib Diketahui

261
×

Buat Para Lulusan SMA/SMK Sederajat, Ini 10 Sekolah Kedinasan Yang Wajib Diketahui

Sebarkan artikel ini

Jakarta I TambunPos.com

Buat para Lulusan SMA/SMK sederajat, banyak sekolah kedinasan yang bisa dipilih siswa dan calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA/SMK sederajat diluar Akademi Militer Dan Kepolisian.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Jika para Lulusan SMA/SMK sederajat berhasil masuk ke sekolah kedinasan tersebut, ada banyak keuntungan yang bisa didapat, Salah satunya adalah setelah lulus bisa menjadi Calon Pegawai Sipil Negara ( CPNS ), biaya kuliah gratis, dan mendapatkan uang saku, kalau kamu tertarik masuk sekolah kedinasan.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BKN), berikut daftar 10 sekolah kedinasan yang perlu diketahui.

1. Politeknik Keuangan Negara (PKN) Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) Sekolah kedinasan paling favorit di urutan pertama adalah Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN).

2. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) Sekolah kedinasan yang satu ini merupakan lembaga pendidikan yang khusus melatih mahasiswanya untuk bekerja di bidang intelijen negara, Bahkan, identitas sekolah dan mahasiswanya pun dirahasiakan dan STIN sendiri berada dinaungan Badan Intelijen Negara (BIN).

3. Politeknik Siber dan Sandi Negara Belakangan ini pengawasan di bidang siber seperti media sosial dan keamanannya semakin marak dibutuhkan, ya. Oleh karena itu, tidak heran jika sekolah kedinasan Politeknik Siber dan Sandi Negara pun semakin diminati. Politeknik Siber dan Sandi Negara sendiri berada di bawah Badan Siber dan Sandi Negara.

4. Politeknik Imigrasi (Poltekim).
Sesuai dengan namanya, Politeknik Imigrasi ini merupakan lembaga pendidikan yang terfokus pada pelatihan dan pengajaran di bidang imigrasi. Salah satu penyebab tingginya peminat di Poltekim adalah adanya peluang karier di Kementerian Imigrasi, kuliah di Politeknik Imigrasi pun tidak dipungut biaya.

5. Politeknik Transportasi Darat Indonesia STTD (PTDI-STTD) Bekasi Berlokasi di Bekasi, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD (PTDI-STTI). Selain biaya sekolah yang gratis, keunggulan sekolah kedinasan ini adalah lulusannya yang memiliki peluang karier besar di Kementerian Perhubungan.

6. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) Kalau kamu tertarik dengan bidang pemasyarakatan, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) bisa jadi rekomendasi sekolah kedinasan.

Sama seperti sekolah kedinasan lainnya, sekolah di Politeknik Ilmu Pemasyarakatan tidak dipungut biaya. Selain itu, lulusannya pun sudah terdaftar sebagai CPNS.

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan sendiri berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

7. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika Ketertarikan terhadap bidang cuaca. Selain pelajarannya yang menarik, Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, juga memberikan biaya pendidikan gratis dan juga jaminan karier. Terlihat dari lulusannya yang banyak berkarier dalam Lembaga Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

8. Institut Pemerintahan Dalam (IPDN).
IPDN sendiri merupakan lembaga pendidikan tinggi yang bernaung di bawah Kementerian Dalam Negeri.

9. Politeknik Statistika (STIS).
Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS)
Sekolah kedinasan ini menawarkan biaya pendidikan gratis bagi para mahasiswanya, karier kamu juga pasti terjamin karena setelah lulus dari STIS kamu akan langsung diangkat menjadi CPNS dan bisa bekerja di Badan Pusat Statistik (BPS)dan terakhir adalah,

10. Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun. Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun sendiri berada di bawah naungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.
(Red/TP)

 

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~