Scroll Untuk Baca Artikel
BencanaDaerahSosialSumut

Curah Hujan Tinggi, 3 Kecamatan Terendam Banjir 

617
×

Curah Hujan Tinggi, 3 Kecamatan Terendam Banjir 

Sebarkan artikel ini

Langkat | TambunPos.com

Hujan lebat yg terjadi semalaman pada hari rabu pagi tanggal 14 Desember 2022 hingga kamis 15 Desember 2022 dini hari, menyebabkan naiknya debit air sungai Batang Serangan.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Hal ini berakibat pada sebagian wilayah di 3 Kecamatan yg dilalui aliran air sungai batang serangan terendam banjir.

Untuk wilayah Kecamatan Batang Serangan sendiri, banjir terjadi didusun Sei Bamban,dan sebagian wilayah Kecamatan yg berada di dataran rendah dan berada dekat daerah bantaran sungai, seperti Dusun Puji Dadi sebagian wilayahnya habis terendam banjir.

Untuk wilayah Kecamatan Sawit Seberang, banjir terparah ada di dusun Alur Gadung karena dusun ini lokasinya berada dekat dengan bantaran sungai dan banjir sudah menggenangi rumah warga, sejak Rabu malam tgl 14 Desember 2022 pukul 23.00 WIB, debit air sudah sebatas betis org dewasa.

Sampai Kamis pagi debit air terus bertambah dan Ketinggian air mencapai dada orang dewasa.

Akibat Besarnya debit air sungai juga menyebabkan jebolnya tanggul di dusun Beteng Ketek Desa Tebing Tanjung Selamat Kecamatan Padang Tualang.

Hal ini menyebabkan air sungai meluap hingga kejalan lintas penghubung 3 Kecamatan, yaitu kecamatan Padang Tualang, Kecamatan Batang Serangan dan Kecamatan Sawit Seberang.

Titik lokasi banjir berada dijalan lintas yang ada di dusun Sumur Bor Desa Tanjung Putus, Kecamatan Padang Tualang, ketinggian air di jalan mencapai betis orang dewasa.

Untuk banjir yang menggenangi rumah rumah warga, ketinggian air mencapai 50 cm hingga 70 cm. Hal ini menyebabkan kemacetan di sepanjang jalan disekitar Polsek Padang Tualang karena dekat dengan lokasi banjir.

Akibat banjir tersebut banyak sepeda motor jenis matic yang mogok diakibatkan nekad melintas di wilayah banjir.

Akibat Pecahnya tanggul banjir semakin meluas sampai ke Dusun Karang Sari Desa Tanjung Putus.

Untuk wilayah Kecamatan Padang Tualang, banjir tidak hanya terjadi di wilayah Desa Tanjung Putus dan Desa Tebing Tanjung Selamat saja namun banjir juga melanda Desa Besilam tepatnya di dusun Teluk Brohol dan debit air sungai sudah melewati ketinggian tanggul pembatas sungai sehingga meluap sampai kerumah rumah warga.

Luapan air sungai, bahkan menyebabkan akses jalan dari Kecamatan Padang Tualang menuju Kecamatan Tanjung Pura terputus, persisnya dijalan lintas dusun Pondok Bengkok Desa Besilam Kecamatan Padang Tualang.

Menurut warga ini adalah banjir terparah yang pernah terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Warga berharap Pemerintah Daerah segera melakukan perbaikan tanggul yang jebol, serta memperhatikan kondisi tanggul di sepanjang bantaran sungai yang kondisinya mulai mengkhawatir kan, apalagi saat musim penghujan seperti sekarang ini.

Bantuan berupa bahan makanan pun sangat dibutuhkan bagi warga yang terdampak banjir di wilayah 3 kecamatan.

(Ndira/ris/TP)

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~