BencanaDaerah

Gawat !!! Banjir Melanda Beberapa Kelurahan Di Kecamatan Bintan Timur

177
×

Gawat !!! Banjir Melanda Beberapa Kelurahan Di Kecamatan Bintan Timur

Sebarkan artikel ini

Bintan | tambunpos.com

Banjir yang melanda beberapa kelurahan di Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, berangsur surut pagi ini, Kamis (4/8). Genangan sempat berada pada ketinggian 100 cm sehingga sejumlah warga mengungsi ke tempat aman.

Data terakhir Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bintan mencatat 160 KK atau 350 jiwa mengungsi. Saat banjir terjadi, petugas gabungan mengevakuasi warga menuju pos penampungan. Selanjutnya, petugas BPBD memberikan bantuan logistik kepada warga terdampak baik yang berada di pengungsian maupun yang bertahan di rumah masing-masing.

Untuk mendukung logistik permakanan warga yang mengungsi, Dinas Sosial Kabupaten Bintan yang dibantu warga mengoperasikan dapur umum. Sedangkan petugas dari dinas kesehatan memastikan warga dalam kondisi sehat.

Meskipun pada hari ini berangsur surut, pemerintah daerah dan warga diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga. Prakiraan cuaca pada hari ini, Kamis (4/8), wilayah Bintan Timur masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, sedangkan esok hari hujan ringan.

Upaya kesiapsiagaan, khususnya di tengah pandemi Covid-19, perlu menjadi perhatian semua pihak. Pemerintah daerah dapat menyiapkan tempat evakuasi sementara dengan mengutamakan protokol kesehatan (prokes). Di sisi lain, warga turut menyiapkan tas siaga bencana yang mendukung prokes, seperti masker yang terlindungi dari potensi basah, dan hand-sanitizer.

Selain itu, warga di sepanjang aliran sungai dan daerah sekitar lereng tebing agar mewaspadai dan berinisiatif untuk evakuasi mandiri jika terjadi hujan lebat yang membatasi jarak pandang kurang dari 50 m, dengan durasi lebih dari satu jam.

(BA/TP)

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~