DaerahSosialSumut

Gebyar Festival Kopi Deli Serdang Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

186
×

Gebyar Festival Kopi Deli Serdang Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

Sebarkan artikel ini

TANJUNG MORAWA I TAMBUNPOS.COM

Saat ini, kopi telah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia, terutama generasi milenial.

Berkembangnya beragam jenis kopi serta menjamurnya kedai-kedai kopi turut menjadi faktor yang membuat kopi lebih dekat dengan masyarakat dan menjelma menjadi bagian dari gaya hidup modern.

“Saya melihat adanya trend di kalangan pemuda penikmat kopi dengan berbagai olahan menjadi peluang emas yang harus dimanfaatkan oleh pelaku industri kopi hulu maupun hilir, dengan kreasi pengolahan yang tepat,” ucap Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar ketika membuka Festival Kopi Deli Serdang Tahun 2022 di Amphiteater, Gedung Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD) Deli Serdang, Jalan Raya Tanjung Morawa-Lubuk Pakam, Km 21, Kecamatan Tanjung Morawa, Senin (26/12/2022).

Untuk itu, Wabup meyakini industri kopi di Deli Serdang bisa menjadi pembangkit perekonomian para pelaku industri.

“Tentu, ini menjadi peluang besar bagi masyarakat Indonesia, khususnya di Kabupaten Deli Serdang. Tidak hanya bagi pelaku usaha mikro kecil maupun menengah, tapi juga bagi petani dalam meningkatkan pertumbuhan ekonominya,” sebut Wabup.

Festival Kopi Deli Serdang Tahun 2022, tambah Wabup, merupakan media untuk meningkatkan peran masyarakat, khususnya generasi muda untuk memperkenalkan ciri khas kopi Deli Serdang dalam membangkitkan ekonomi masyarakat melalui kreativitas serta menciptakan produk olahan kopi yang nikmat dan berkualitas.

“Semoga festival ini bisa membuat pecinta kopi semakin berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan industri kopi di Deli Serdang. Melalui produk-produk buatan lokal UMKM yang berkualitas tinggi, kopi Deli Serdang dapat bersaing tidak hanya di pasar lokal tapi juga mampu menguasai pasar internasional,” harap Wabup.

Hadir pula pada pembukaan festival tersebut, Pimpinan PT Bhineka Perkasa Jaya, Taufik Ismail; Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Tengku M Zaki Aufa SSos MAP; Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan, Dr Ir Remus Hasiholan Pardede MSi; Kepala Dinas Pertanian, Rahman Saleh Dongoran SP MSi; Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Dra Hj Rabiatul Adawiyah Lubis MPd; Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, H Khoirum Rijal ST MAP; Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Muhammad Salim SP MSi dan Camat se-Kabupaten Deli Serdang para juri dan perwakilan OPD lainnya.
(ris/TP)

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~