Scroll Untuk Baca Artikel
DaerahSumut

Hari Ini : Wabup Resmikan 136 Rumah Tangga di Deli Serdang Jadi Penerima Penyalaan Pertama BPBL

168
×

Hari Ini : Wabup Resmikan 136 Rumah Tangga di Deli Serdang Jadi Penerima Penyalaan Pertama BPBL

Sebarkan artikel ini

Pantai Labu I TambunPos

Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar hati meresmikan sebanyak 136 Rumah Tangga di Kabupaten Deli Serdang yang mendapat menjadi penerima penyalaan pertama Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL), dari keseluruhan sebanyak 894 sambungandi Desa Rantau Panjang Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang, Selasa (25/10/2022).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Hadir pada acara peresmian ini anggota Komisi VII DPR RI, Hendrik Halomoan Sitompul; anggota DPRD Sumatera Utara, H Muhammad Subandi ST; Dandim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto; perwakilan Polresta Deli Serdang, Kompol Sudaryanto; pimpinan dan perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, Camat Pantai Labu, Rahmat Azahar Siregar SSTP MM, unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Pantai Labu, serta para kepala desa se-Kecamatan Pantai Labu.

Menurut Wabup dari Ke-136 rumah tangga tersebut tersebar di sejumlah kecamatan di Deli Serdang, di antaranya Pantai Labu dan Pagar Merbau.

“Ini merupakan wujud perhatian dan kepedulian pemerintah pusat kepada Provinsi Sumatera Utara, khususnya Pemerintah Kabupaten Deli Serdang. Untuk Provinsi Sumatera Utara, tercatat ada 5.600 rumah tangga yang mendapat Program BPBL, dan Deli Serdang sebanyak 136 rumah tangga,” uca HM Ali Yusuf Siregar pada Peresmian dan Penyalaan Pertama Program BPBL Provinsi Sumatera Utara.

Program BPBL tersebut, sambung Wabup, diharapkan bisa memberi dampak besar, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memperoleh listrik yang lebih efektif dan efisien.

Program itu juga, kata Wabup lagi, bisa membantu pemerataan distribusi listrik di Kabupaten Deli Serdang.

“Dengan program ini juga bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat kurang mampu dan kebutuhan listrik untuk kehidupan lebih baik,” harap Wabup.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Pengusahaan Direktorat Jenderal (Ditjen) Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM), Jisman Hutajulu menjelaskan BPBL merupakan program Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM dengan menugaskan PT PLN (Persero) dan mendapat dukungan dari PT Icon Plus untuk melistriki rumah tangga tidak mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), berdomisili di daerah 3T dan atau memenuhi kriteria sebagai calon penerima BPBL yang divalidasi kepala desa/lurah atau pejabat yang setara.

Program BPBL berlandaskan Peraturan Menteri (Permen) ESDM No.3 Tahun 2022 Tentang BPBL bagi Rumah Tangga Tidak Mampu akan menyasar 80 ribu rumah tangga tidak mampu belum berlistrik di seluruh Indonesia.

“Untuk Provinsi Sumatera Utara, tahun ini akan menerima 5.600 rumah tangga penerima manfaat, di mana untuk Kabupaten Deli Serdang akan mendapatkan 894 sambungan,” terangnya.

Program BPBL yang mendapat dukungan penuh Komisi VII DPR RI ini, lanjutnya, merupakan bukti negara hadir dalam upaya peningkatan rasio elektrivikasi untuk memenuhi target 100 persen.
(ris/TP)

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~