DaerahKesehatan

Peduli Kesehatan Masyarakat Tidak Mampu, Kadis Kesehatan Deli Serdang Launching Pengobatan Gratis dan Serahkan Ratusan Kartu JKN – PBI /KIS

190
×

Peduli Kesehatan Masyarakat Tidak Mampu, Kadis Kesehatan Deli Serdang Launching Pengobatan Gratis dan Serahkan Ratusan Kartu JKN – PBI /KIS

Sebarkan artikel ini

Deli Serdang I TambunPos.com

Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat berdasarkan hal tersebut maka Kesehatan hal yg sangat penting dan mutlak bagi kita karena Kesehatan adalah hal yang paling krusial dihadapi setiap orang, terlebih lagi ketika Kesehatan itu terganggu kepada masyarakat yang memiliki taraf perekonomiannya menengah ke bawah, tentu saja hal itu akan menjadi polemik bagi masyarakat tersebut.

Dari hal seperti inilah, Pemerintah Indonesia membuat program program tentang kesehatan agar masyarakat mendapatkan hak kesehatannya secara gratis yang dikelola pemerintah melalui anggaran negara baik itu anggaran dari pemerintah pusat atau anggaran yang dikelola pemerintah daerah menggunakan anggaran daerah Kabupaten/Kota itu sendiri.

JKN BPJS KIS (PBI) atau Jaminan Kesehatan Nasional Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan Kartu Indonesia Sehat (Penerima Bantuan Iuran) adalah salah satu program yang dibentuk oleh Presiden Joko Widodo yang bertujuan untuk kesejahteraan rakyatnya. Adanya Kartu Indonesia Sehat tentu membuat masyarakat semakin mudah mendapatkan layanan kesehatan secara gratis.

Dengan di lakukan kegiatan program ini, tentu saja pemerintah berharap dapat memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.

Hal seperti ini yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara melalui Dinas Kesehatannya yang telah melaunching pengobatan gratis rawat jalan dan penyerahan ratusan kartu BPJS gratis kepada masyarakatnya yang memiliki taraf penghasilan ekonominya ke bawah yang ada di Deli Serdang.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Deli Serdang, dr Asri Luddin Tambunan, saat disambangi awak media di Kantornya pada Jum’at (15/3/2024) siang, menjelaskan bahwa pihaknya telah membagikan ratusan Kartu JKN-PBI (KIS) dan saat ini Dinas Kesehatan Deli Serdang lagi menjalankan program pengobatan secara gratis di setiap Kecamatan yang ada Puskesmas Pembantu (Pustu).

” Dinas Kesehatan (Dinkes) sudah melaunching pengobatan gratis rawat jalan dan penyerahan ratusan Kartu JKN – PBI (KIS) dari APBD Deli Serdang di dua Pustu yakni di Desa Serdang Kecamatan Beringin dan di Jalan Muspika Kecamatan Batang Kuis, pada Kamis (14/3/2024) kemarin”, ujar Kadis Kesehatan.

Masih menurut dr. Aci sapaan akrab dr. Asri Luddin Tambunan menambahkan saat kegiatan tersebut dihadiri masing masing Kepala Puskesmas (Kapus) yakni Kapus Araskabu drg Soli Natalia Tambunan dan Kapus Batang Kuis Dr Lenni Estiani ketika Kadis Kesehatan lakukan kunjungan kerjanya di dua Kecamatan tersebut, juga terlihat dokter bidan serta para perawat dan seratusan penerima manfaat Kartu BPJS.

” Di Kecamatan Beringin kegiatan selain pemberian pengobatan gratis rawat jalan, dan pemberian Kartu JKN – PBI (KIS) Kesehatan dari APBD kepada warga yang telah terdata ada sekitar 6 Desa se-Kecamatan Beringin bagi warga Deli Serdang yang mempunyai KTP Deli Serdang,” kata dr Aci.

Dijelaskannya, launching ini merupakan program Dinas Kesehatan Deli Serdang dengan harapan agar semua warga Deli Serdang dapat terlayani kesehatan dengan baik, Dalam pemeriksaan berobat gratis yang digelar oleh Puskesmas Batang Kuis ini antara lain, cek gula darah, tensi darah, serta pemeriksaan USG bagi wanita hamil.

Dalam lawatan kunjungan kerjanya di dua Kecamatan tersebut, Kadis Kesehatan berkesempatan memberikan edukasi ke masyarakat begitu berartinya kesehatan bagi mereka.
Semoga dengan program berobat gratis rawat jalan di seluruh puskesmas Kabupaten Deli Serdang membuat masyarakat lebih mudah mendapatkan akses pelayanan kesehatan sehingga proses deteksi dini dan penanganan penyakit bisa lebih awal dilakukan sehingga tidak menjadi lebih berat di masa depan yang akhirnya membuat masyarakat lebih Sehat kedepannya.

” Sejak awal kita bisa lakukan intervensi, sehingga kita bisa meminimalisir keluhannya dari awal. Jangan sudah gak bisa jalan, sudah telentang baru diobati,” ucapnya lagi.

Dengan kegiatan ini, nantinya ia akan datang ke tempat -tempat yang tidak terjangkau agar semua warga yang ber KTP Deli Serdang dapat memeriksakan kesehatannya, hal ini bertujuan. Hal ini bertujuan agar masyarakat lebih sejahtera dan terlayani kesehatannya tanpa memikirkan biaya perobatan.

“Dari awal, kita selaku Pemkab Deli Serdang telah memfasilitasi agar semua warga dapat hidup sehat, tentang kartu sehat ini ada tiga produk yang mengeluarkannya. Pertama dari Kementerian Kesehatan. Kedua dari Provinsi Sumut dan yang ketiga dari Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang. Artinya, pada kartu yang ada logo Deli Serdang,Pemkab Deli Serdang masih berdiri, kartu ini akan aktif,” ungkapnya.

Dalam laporannya ada 477 Kartu JKN-PBI (KIS) yang dibagikan, dan itu merupakan program dari Dinas Kesehatan Deli Serdang, yang hertujuan untuk memberi layanan atau perobatan secara gratis kepada warga Deli serdang khususnya di Kecamatan Beringin dan Batang Kuis.

“Kami berharap kepada warga penerima dapat memanfaatkan kartu JKN – PBI (KIS) dan pengobatan gratis dari Dinas Kesehatan Deli Serdang dengan sebaik-baiknya”, sebut dr Aci lagi.

Pembagian Kartu JKN-PBI (KIS) dilakukan untuk memberikan akses pelayanan kesehatan lebih kepada masyarakat miskin dan yang sangat memerlukan perobatan ke tingkat yang lebih tinggi, hal ini dilakukan karena keterbatasan anggaran kabupaten Deli Serdang.

“Semoga PBI ini memberi manfaat bagi masyarakat tanpa memikirkan biaya untuk berobat,” tutup dr Aci.

(Ris/TP)

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~