DaerahHukum dan HAMSumut

Puncak Perayaan HUT Korpri Ke – 51, Lapas Kelas I Medan Ikuti Upacara Secara Daring

199
×

Puncak Perayaan HUT Korpri Ke – 51, Lapas Kelas I Medan Ikuti Upacara Secara Daring

Sebarkan artikel ini

Medan I TambunPos.com

Korps Pegawai Republik Indonesia, atau disingkat KORPRI, adalah organisasi di Indonesia yang anggotanya terdiri dari Aparatur Sipil Negara, pegawai BUMN, BUMD serta anak perusahaan. Sedangkan perangkat Pemerintah Desa Tidak menjadi anggota Korpri telah memiliki Organisasi Profesi yang bernama PPDI atau Persatuan Perangkat Desa Indonesia. Meski demikian, KORPRI sering kali dikaitkan dengan Pegawai Negeri Sipil. Kedudukan dan kegiatan KORPRI tak terlepas dari kedinasan.

KORPRI yang didirikan pada tanggal 29 November 1971 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1971, yang merupakan wadah untuk menghimpun seluruh Pegawai Republik Indonesia. Selama Orde Baru, KORPRI dijadikan alat kekuasaan untuk melindungi pemerintah yang berkuasa waktu itu. Namun sejak era reformasi, KORPRI berubah menjadi organisasi yang netral, tidak berpihak terhadap partai politik tertentu.

Tepat pada hari ini, Selasa 29 November 2022, Korpri memasuki usia emas, yaitu 51 tahun, yang kemudian dirayakan dengan rangkaian acara Puncak Perayaan HUT Korpri Ke-51. Rangkaian acara dilaksanakan secara luring di Istora Senayan, Jakarta, dan diikuti secara daring oleh seluruh jajaran Korpri di seluruh Tanah Air.

Lapas Kelas I Medan, yang merupakan bagian dari Korpri, mengikuti seluruh rangkaian kegiatan melalui daring, bertempat di aula Lapas Kelas I Medan, Selasa (29/11/2022)

Rangkaian kegiatan dimulai dengan Laporan Pelaksanaan Kegiatan oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH selaku Ketua Umum Pelaksana dan Ketua Dewan Pengurus Nasional Korpri. Dalam Laporannya beliau menyampaikan terimaksih yang sebesarnya kepada seluruh unsur yang turut mendukung pelaksanaan kegiatan Puncak Perayaan HUT Korpri ke-51.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan arsip statis korpri oleh Ketua Dewan Pengurus Korpri, kepada Ketua Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Drs. Imam Gunarto, M.Hum, dan penyerahan Piagam Penghargaan kepada Ketua Dewan Pengurus Korpri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH.

Acara dilanjutkan dengan pemberian Motivasi terkait Corevalue ASN BerAKHLAK oleh Motivator ternama di Indonesia, Dr. Ari Ginanjar Agustian. Pada kesempatan ini, beliau mengajak seluruh ASN di Republik Indonesia untuk berubah. ASN, selaku fondasi pembangunan, harus memiliki mental agility yang kuat dan menjadi super ASN.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Upcara Peringatan HUT Korpri Ke-51. Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D, bertindak sebagai Inspektur Upacara.
TIM HUMAS
(ris/TP)

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~