DaerahHukum dan HAMKesehatanLampung

Sinergitas KPLP dan Perawatan Narapidana Lapas Kotaagung, Pastikan Kualitas Pelayanan Kesehatan WBP Tetap Prima

147
×

Sinergitas KPLP dan Perawatan Narapidana Lapas Kotaagung, Pastikan Kualitas Pelayanan Kesehatan WBP Tetap Prima

Sebarkan artikel ini

KOTAAGUNG I Tambunpos.com

Guna wujudkan pelayanan terbaik kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Kotaagung, perlu adanya sinergi dan kolaborasi antar-Bidang internal seperti yang dilakukan oleh Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP) dengan Seksi Pembinaan Anak Didik dan Kegiatan Kerja (Binadik & Giatja) dalam memastikan para WBP tetap sehat selama menjalani pembinaan pada Sabtu (14/1/2022).

Ka. KPLP, Gusvendra Priambogo bersama jajaran staf dan petugas pengamanan menemui langsung para WBP Lapas Kotaagung di Kamar Hunian melalui program Salam Pemasyarakatan (Salam PAS) yang dilakukan rutin setiap harinya. Tak hanya penggeledahan badan dan barang-barang yang ada di kamar hunian, Gusvendra dan jajaran juga bertanya langsung kepada WBP mengenai kondisi kesehatannya dan memerhatikan kondisi mereka satu persatu guna memastikan mereka benar-benar sehat.

Jika terlihat ada WBP yang pucat dan lemas atau mengeluh sakit, Gusvendra menginstruksikan jajarannya segera berkoordinasi kepada bagian keperawatan narapidana untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pada WBP tersebut di Poliklinik Lapas Kotaagung.

Dengan pengawalan petugas keamanan, para WBP yang sakit dikumpulkan untuk dibawa menuju Poliklinik.

“Sebelum dibawa ke Poliklinik, Warga Binaan yang sakit dikumpulkan dan diarahkan oleh Petugas yang mengawal agar melapor terlebih dahulu kepada Petugas Jaga Blok, kemudian diteruskan ke Komandan Jaga. Hal ini merupakan prosedur pengamanan yang harus dilalui guna menjaga keamanan dan ketertiban Lapas Kotaagung”, jelas Gusvendra.

Setelah tiba di Poliklinik Lapas Kotaagung, para WBP duduk berbaris dengan tertib menunggu giliran untuk dilakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan oleh Dokter Lapas atau Mantri dari luar Lapas Kotaagung. Adapun selama proses pemeriksaan dan pemberian obat ini diawasi langsung oleh Kasubsi. Perawatan Narapidana, Yanes Hamdani dan jajaran Staf Keperawatan.

Terkait dengan kegiatan ini, Kasi. Binadik & Giatja, Aryo Pratama memberikan pernyataan, “Sesuai instruksi Kalapas Kotaagung, Beni Nurrahman, sinergi antara KPLP dan Binadik & Giatja ini harus selalu dijaga dan dilaksanakan dengan baik sehingga pelayanan prima kepada WBP khususnya pelayanan kesehatan terus terwujud”, pungkasnya. (ANDI JR/TP)

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~