DaerahPendidikanSumut

Wabub Deli Serdang : Peringatan Hari Pahlawan Harus Jadi Renungan Sebagai Bangsa & Negara Merdeka

185
×

Wabub Deli Serdang : Peringatan Hari Pahlawan Harus Jadi Renungan Sebagai Bangsa & Negara Merdeka

Sebarkan artikel ini

LUBUK PAKAM I TambunPos.com

Peringatan Hari Pahlawan memberi sebuah renungan untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup sebagai bangsa dan negara merdeka.

Pesan ini disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar membacakan pidato Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Dr Ir Tri Rismaharini MT, pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 di halaman Kantor Bupati Deli Serdang, Kamis (10/11/2022).

“Kita hidupkan kembali dalam benak, perjuangan para pahlawan bangsa. Dari para pejuang penting kita resapi semangat dan keikhlasannya. Dengan hanya berbekal bambu runcing pun, para pahlawan dengan semangat, bergerak serempak, mengadang musuh yang merupakan pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya,” ungkap Wabup.

Saat inipun, sambung Wabup, Indonesia berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan nyata di depan mata. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, yang perlu dipersiapkan dengan sungguh-sungguh.

“Kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam, termasuk pandemi Covid–19 serta kelangkaan sumber daya, harus senantiasa diperjuangkan bersama dengan kesungguhan. Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang. Mari bergerak dan maju bersama dengan tekad untuk menang. Sekali merdeka, tetap merdeka!” tegas Wabup.

Pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan harus terus dilakukan, serta melaksanakan pengembangan sumber pangan berbasis potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan.

Mengelola sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan, generasi kini dan generasi mendatang dengan lebih baik.

“Teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini. Pahlawanku, teladanku,” pungkas Wabup.

Dengan semangat, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, kata Wabup lagi, Peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan bisa terus memberi energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat.

“Jangan kita mau untuk dipecah belah. Ingatlah Slogan Bhinneka Tunggal Ika. Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022, untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya,” tandas Wabup.

Wabup meminta, agar semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan bersama.

Bersama mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan. Bersama membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan.

Bersama memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang merupakan amanat pahlawan bangsa.

“Ayo kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah-belah bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah. Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita mengarungi masa–masa penuh tantangan dan teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi pemenang,” tutup Wabup.

Di akhir upacara, dilakukan pemberian tali asih kepada perwakilan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Deli Serdang.

Turut serta pada upacara tersebut, Kasdim 0204/DS, Mayor CZi TM Panjaitan; Kepala BNNK Deli Serdang, Kombes Pol Muhammad, SIK; DanBrigif 7/RR, Kolonel I Gede Setiawan; Dan Denpom I-III/LP, Lettu CPM AP Siahaan; Wakil Ketua Pengadilan Agama Lubuk Pakam, Hj Dian Ingrasanti Lubis SAg SH MH; Kabag Ops Polresta Deli Serdang, Kompol Ricky Pripurna SIK; perwakilam Yonif Infanteri 121/MK, LetdanRoy Iskandar Ginting; unsur Forkopimda Deli Serdang; Sekretaris Daerah (Sekda), H Timur Tumanggor SSos MAP; para staf ahli, asisten, pimpinan organisasi perangkat daerah; Kakan Kemenag Deli Serdang, Drs Abdul Haris Harahap MAP; LVRI Kabupaten Deli Serdang.
(ris/TP)

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~