DaerahPendidikanSumut

Wabup DS HM Ali Yusuf Siregar : Karang Taruna Beri Kontribusi Nyata di Berbagai Bidang

178
×

Wabup DS HM Ali Yusuf Siregar : Karang Taruna Beri Kontribusi Nyata di Berbagai Bidang

Sebarkan artikel ini

LUBUK PAKAM I TAMBUN POS

HM Ali Yusuf Siregar, Wakil Bupati Deli Serdang menghadiri Peringatan Bulan Bakti Karang Taruna Tingkat Provinsi Sumatera Utara, sekaligus perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Karang Taruna di Balairung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, Minggu (30/10/2022).

Menurut Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar, sebagai organisasi kepemudaan Indonesia, yang hidup dan berkembang di tengah masyarakat, kehadiran Karang Taruna dinilai cukup strategis dalam memberi kontribusi nyata di berbagai bidang dengan bervisi pada pelayanan, kerelawanan dan pembelajaran yang berlandaskan spirit kepeloporan dan kesetiakawanan sosial.

Oleh karenanya, generasi muda yang tergabung dalam Karang Taruna harus bisa menjadi garda terdepan untuk membantu pemerintah di berbagai bidang, baik sosial, ekonomi, dan sebagai benteng pertahanan dari radikalisme dan terorisme yang kerap menjadi tantangan bagi bangsa.

Karang Taruna hendaknya menjadi wadah bagi para pemuda untuk terus berkarya dan mengasah kreativitas dengan maksimalkan potensi yang ada, sehingga generasi muda bisa produktif, terampil, responsif dan berdaya guna bagi diri dan lingkungan.

“Hari ini merupakan momen sangat istimewa, karena Karang Taruna memasuki usia ke-62 tahun. Tentu ini menjadi waktu pendewasaan bagi setiap organisasi Karang Taruna yang tersebar di Sumatera Utara. Dengan bertambahnya usia ini, ke depannya diharapkan bisa semakin solid dan terus menupuk semangat bersama pemuda, dapat melihat peluang yang bisa diciptakan dari setiap perubahan yang ada. Melalui program pemberdayaan masyarakat, baik tingkat provinsi, kabupaten sampai desa,” harap Wabup.

Sementara Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), H Musa Rajekshah S Sos MHum dalam sambutannya ketika membuka acara itu, menyampaikan untuk mendukung kreativitas membangkitkan ekonomi dan juga memunculkan inovasi, saat ini Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan kabupaten/kota menginginkan bagaimana ekonomi masyarakat bisa bangkit.

“Wilayah kita ini, wilayah yang kaya dengan alamnya, tanahnya subur dan daerah kita, Sumatera Utara banyak perkebunan, pertanian dan juga perikanan. Pesisir pantai kita itu luas. Ini bisa membuat kita bangkit secara ekonomi. Kami sangat berharap melalui Karang Taruna di desa, kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi, harus sama-sama menjalankan program-programnya sesuai dengan apa yang diharapkan pemerintah. Melalui Karang Taruna, kita berharap generasi muda kita produktif, kreatif, dan inovatif,” ujar Wagubsu.

Saran Wagubsu, Karang Taruna harus segera melihat potensi daerah.

“Tidak hanya kegiatan yang sudah ada dilanjutkan, rutinitas itu baik. Tapi kita harapkan pada kegiatan-kegiatan pendampingan masyarakat kita, selaku pelaku usaha. Sekarang ini eranya digital, jadi juga harus kita buat pelatihan-pelatihan, bagaimana memasarkan produk-produknya dengan digital. Mudah-mudahan dengan semangat kebersamaan dan kekompakan, hadirnya kita bisa bermanfaat dan dirasakan masyarakat. Saya yakin, Sumatera Utara bisa terus bangkit dan ekonominya bisa tumbuh berkembang,” harap Wagubsu.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Basarin Yunus Tanjung, yang juga Kadis Sosial Sumatera Utara, dalam laporannya menjelaskan rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, mulai Sabtu (29/10/2022) sampai Minggu (30/10/2022).

Kegiatan tersebut bertujuan agar terpeliharanya semangat yang melatarbelakangi lahirnya Karang Taruna sebagai organisasi dengan keanggotaan tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, aliran politik, serta sosial.

“Pelaksanaan Bulan Bakti Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara tahun 2022 adalah membangun kapasitas kepemudaan lebih berkualitas, sehingga dapat melaksanakan tugas dan peran Karang Taruna dalam pelayanan secara prima kepada masyarakat. Karang Taruna mampu memberi semangat, motivasi dan menginspirasi generasi muda untuk mempunyai kegiatan yang positif, kreatif dan inovatif,” terangnya.

Turut hadir di acara itu, Aster Kodam I/BB, Kolonel Arh Dedik Ermanto SIP MT; Baharkam Polda Sumut, AKBP Paulus; Bupati Labuhan Batu Utara, Hendrianto Sitorus SE MM; Bupati Labuhan Batu, Dr H Erik Atrada Ritonga MKm; Dandim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto; Kaban Kesbangpol Deli Serdang, Drs Zainal Abidin Hutagalung; Camat Se-Kabupaten Deli Serdang; Ketua Karang Taruna Sumatera Utara; Dedi Dermawan Milaya SE; Ketua Karang Taruna Deli Serdang; Ketua Karang Taruna Kecamatan se-Deli Serdang; Karang Taruna Kabupaten/Kota; kepala desa/lurah se-Deli Serdang.
(ryan/ris/TP)

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~