Scroll Untuk Baca Artikel
DaerahLampungPendidikan

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, SE, MM Hadiri Sekaligus Resmikan Gedung Lembaga Pendidikan  PKBMB

150
×

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, SE, MM Hadiri Sekaligus Resmikan Gedung Lembaga Pendidikan  PKBMB

Sebarkan artikel ini

Tanggamus I TambunPos.com

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, SE, MM menghadiri Peresmian sekaligus meresmikan gedung lembaga pendidikan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar ( PKBM) Adi Djaya ditandai dengan prosesi pengguntingan pita oleh Bupati . Pelaksanaan yang berada di Pekon Talang Sepuh, kecamatan Talang Padang, Kabupaten Tanggamus, Selasa (27/12/2022).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Antusias warga menyaksikan kegiatan tersebut, nampak juga hadir Kepala Dinas Pendidikan Tanggamus Yadi Mulyadi, Apip Muhayat, M Pd Ketua lembaga pendidikan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKM)Adi Djaya, Purwanto,SP Kakon Talang Sepuh, Camat Talang Padang, dan warga masyarakat.

Ketua PKBM Apip Muhayat menyampaikan ungkapan terimakasih yang mana Bupati Tanggamus telah secara langsung meresmikan PKBM ini, “Terimakasih pada Bupati Tanggamus, dengan telah diresmikannya PKBM Adi Djaya ini diharapkan bisa memfasilitasi masyarakat untuk semangat belajar memberikan yang berkualitas dalam berpendidikan harapan kita juga dapat membangun indeks pembangunan manusia di Kabupaten Tanggamus ini,”ujar Apip.

Dalam kesempatan itu juga ketua PKBM menyampaikan harapan harapan ke Bupati, berharap pemerintah kabupaten Tanggamus dapat mendukung kegiatan PKBM tersebut serta bantuan fasilitas infrastruktur jalan menuju lokasi gedung yang memang masih tanah, gedung yang masih perlu perbaikan juga menyampaikan harapan para pemuda di pekon tersebut untuk berusaha ternak kambing. Yang dalam kesempatan itu juga langsung direspon oleh Bupati Kabupaten Tanggamus ini. Untuk Gedung Bupati langsung memberikan bantuan uang tunai, untuk jalan menunjuk bagian PU untuk meninjau, serta untuk bantuan budidaya Kambing Bupati akan menghubungi dinas terkait.

Apip dalam sambutanya menyampaikan sejarah singkat tentang berdirinya PKBM tersebut.
“PKBM Adi Djaya ini pada tahun 2018 kami masih menumpang dari tempat ketempat dirumah warga, tahun 2020 kami mengajukan izin operasional dan alhamdulillah keluar dan telah memiliki izin tersebut dan kami mulai mengembangkannya sehingga di tahun 2021 kami bisa membangun gedung sederhana panggung dari bahan kayu, Alhamdulillah warga dan siswa mendukung dan pada saat tahun 2021 itu siswa kita ada 79 siswa dan Alhamdulillah ditahun 2022 ini kami membangun gedung sederhana permanen 2 lokal ini dan muda mudahan bermanfaat dan masyarakat lebih semangat untuk belajar. Kami mengikuti program Bupati Tanggamus yaitu program indeks pembangunan masyarakat dan program Semua Bisa Sekolah (SBS), untuk tahun ini kami meluluskan siswa paket B dan paket C itu 120 siswa. Alumni disini setelah lulus ada yang sudah bekerja dan yang lebih membanggakan lagi ada yang sudah masuk perguruan tinggi. Kami juga ada program taman membaca , program pelatihan khusus komputer dan rencana di tahun 2023 insyaAllah kursus menjahit,” paparnya.

Sementara itu Hj Dewi Handajani menyampaikan.
“Atas nama pribadi dan atas nama pemerintah kabupaten Tanggamus mengucapkan terimakasih dan selamat atas telah didirikan dan akan kita resmikan gedung Lembaga PKBM Adi Djaya ini. Ini adalah bukti bahwa kita tidak bisa berjalan sendiri sendiri tapi kita harus bersinergi , bekerjasama, berkolaborasi, tidak bisa dilibatkan ke pemerintah saja akan tetapi harus ada partisipasi daripada masyarakat .Mendukung program pemerintah untuk meningkatkan IPM kita menjadi komitmen dan tekat kita bersama. Faktor penunjang dan penentu dari IPM adalah Sekolah dan tingkat pendidikan daripada masyarakat,” ujarnya.

Masih kata Bupati, “tadi disampaikan oleh ketua PKBM masih banyak kekurangan tapi Alhamdulillah sudah bisa berjalan untuk kekurangan itu kita sambil berproses dan berjalan tapi sudah bisa dimanfaatkan dan tentunya kita sudah bisa memfasilitasi masyarakat kita agar menjadi masyarakat terdidik dan memiliki keterampilan. Untuk pemuda yang ingin budidaya kambing nanti Bunda akan koordinasi kan OPD terkait tapi nanti harus berkembang, dan untuk bangunan gedung Bunda juga bantu,” ucap Bupati.

Bupati juga mengingatkan bahwa teknologi ini memang memudahkan kehidupan manusia tetapi harus dengan pemanfaatan yang baik dan benar jangan sampai malah teknologi mendapatkan bencana buat kehidupan kita.
Di akhir sambutan Bupati Tanggamus menyampaikan peresmian PKBM yang kemudian ditandai dengan pengguntingan Pita,”Gedung baru PKBM Adi Djaya Pekon Talang Sepuh Kecamatan Talang Padang dengan ini secara resmi saya nyatakan siap untuk dipergunakan semoga menjadi kemanfaatan dan keberkahan bagi kita,” pungkakasnya.(ANDI JR/TP)

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~