DaerahKeagamaanSumut

HM Ali Yusuf Siregar Wabup DS : Kekuatan Sebuah Bangsa Terletak di Tangan Pemuda

263
×

HM Ali Yusuf Siregar Wabup DS : Kekuatan Sebuah Bangsa Terletak di Tangan Pemuda

Sebarkan artikel ini

GALANG I TambunPos.com

Kekuatan sebuah bangsa terletak di tangan para pemuda. Karena, pemuda yang akan menunjukkan wajah kehormatan suatu bangsa.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar pada Pembukaan Kaderisasi Gerakan Pemuda (GP) Ansor Provinsi Sumatera Utara di Kampus II Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI) Medan, Desa Sei Karang, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (17/11/2022).

“Pemuda memiliki fungsi sentral di era kebangkitan nasional. Karenanya, generasi muda dilibatkan dalam pembangunan, baik secara nasional maupun daerah,” ujar Wabup.

Gerakan Pemuda Ansor sebagai wadah berhimpunnya organisasi kepemudaan telah membuktikan kemampuannya mengambil peran dalam kehidupan di Indonesia.

Dibuktikan, sejak awal berdirinya GP Ansor terus memberi peran dan kontribusinya dalam mengawal dan bergerak meneguhkan semangat ideologis.

Wabup berharap, bisa lahir kader-kader tangguh dan kreatif yang senantiasa tergerak menjadi agen dakwah Islam dalam membumikam ajaran Ahlussunnah wal jamaah.

“Teruslah menjadi garda terdepan dalam menjaga persatuan dan kerukunan, toleransi antarumat beragama di Provinsi Sumatera Utara ini,” harap Wabup.

Di tempat yang sama, Ketua Pengurus Wilayah (PW) GP Ansor Sumut, H Adlin Tambunan ST MAP, menyebutkan kegiatan tersebut diikuti 406 kader se-Sumatera Utara.

“Tentu ini sebuah kebanggaan untuk kita semua. Kaderisasi akbar ini memiliki tiga makna, pertama karena memang kebutuhan organisasi. Secara kebutuhan, di PW Ansor Sumatera Utara sendiri memang sudah sangat diperlukan kaderisasi, begitu pula di tingkat pusat. Memang ini suatu bagian untuk kebutuhan akreditasi,” sebut H Adlin Tambunan.

Kedua, sebut H Adlin Tambunan yang juga Wabup Serdang Bedagai (Sergai) ini, adalah untuk menguatkan nilai-nilai kaderisasi.

“Saya berharap dengan kaderisasi ini, kecintaan kita semakin menguat, makin tumbuhnya rasa sayang, rasa cinta kita kepada organisasi ini, Gerakan Pemuda Ansor,” tegas H Adlin Tambunan.

Ketiga dan yang paling penting adalah untuk mempererat jalinan silaturahmi dan kekompakan antarkader GP Ansor.

Hadir pula di acara tersebut, Pimpinan Pusat GP Ansor, H Hasan Basri Sagala MSi dan H Zaldi Ritonga; Ketua Tanfidziah Pengurus Wilayah (PW) Nahdlatul Ulama (NU) Sumatera Utara, Marahalim Harahap MM; perwakilan Kodam I/BB, Letkol Inf Edy Basuki; Ketua Dewan Penasihat PW GP Ansor Sumut, Labuhan Hasibuan SAg; Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU), Prof Dr Ibnu Affan SH MHum; Rois Syuriah Pengurus Cabang (PC) NU Deli Serdang, Kyai Amir Panatagama SPdI; Pengurus PC NU Deli Serdang; Ketua PC NU Sergai, H Zulkifli Sitorus; Ketua PC NU Medan, Drs Sutan Syahrir MA; Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Sumatera Utara (Kemenagsu); Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Deli Serdang, Drs Abdul Haris Harahap MAP; Kakan Kemenag Sergai, Zulkifli Sitorus SAg MA; Kakan Kemenag Asahan, Syarifuddin Daulay SH; unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Galang; Ketua PW Muslimat NU Sumatera Utara, Hj Rohani; Ketua PC Muslimat NU Deli Serdang yang juga anggota DPRD Deli Serdang, Wastiana Harahap.

Hadir mendampingi Wabup, Kepala Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol), Drs Zainal Abidin Hutagalung; Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Drs Misran Sihaloho MSi; Kepala Dinas Pendidikan, Yudy Hilmawan SE MM dan lainnya.
(ris/TP)

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~