DaerahPolitikSumut

KPU Kota Binjai : Pendaftaran Calon PPK dan PPS Segera Dibuka

174
×

KPU Kota Binjai : Pendaftaran Calon PPK dan PPS Segera Dibuka

Sebarkan artikel ini

Kota Binjai I Tambun Pos.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai, Sumatera Utara, memberi kesempatan bagi masyarakat untuk berkiprah sebagai anggota badan adhoc penyelenggara Pemilu 2024. Pasalnya, lembaga penyelengara pemilu ini akan segera membuka pendaftaran Calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Calon Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Proses pendaftaran dilakukan secara daring melalui Aplikasi SIAKBA (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc). Dalam hal ini, pembukaan pendaftaran Calon PPK siap dimulai sejak 20 hingga 29 November 2022 nanti. Sedangkan pendaftaran Calon PPK akan dibuka mulai 18 hingga 27 Desember 2022 mendatang.

“Kebetulan juknis terkait rekrutmen badan adhoc sudah terbit,” ungkap Ketua Divisi Sosialisasi, Sumber Daya Manusia, dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Binjai, Robby Effendi Hutagalung, dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (18/2022) siang.

Menurut Robby, persyaratan dan ketentuan pendaftaran calon anggota DPRD dan adhoc penyelenggara Pemilu 2024 mengacu pada Peraturan KPU Nomor: 8 Tahun 2022 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota.

Sebaliknya, mengenai kelengkapan berkas atau dokumen persyaratan yang harus dipenuhi setiap peserta pendaftar calon anggota badan adhoc Pemilu 2024 mengacu pada Keputusan KPU Nomor: 476 tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota.

“PKPU dan Keputusan KPU ini dapat diakses melalui JDIH KPU Kota Binjai. Tapi sebelum 20 November ini, akan kita sampaikan info detil dan menyeluruh, agar dapat membantu dan memudahkan calon pelamar,” sebut Robby, yang mengaku KPU Kota Binjai juga akan melakukan koordinasi dengan semua pemangku kepentingan.

(SDT/TP)

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~