Scroll Untuk Baca Artikel
Daerah

LBH Parsaoran Bersama RUTAN I Labuhan Deli Lakukan Penyuluhan Hukum Bagi WBP Kurang Mampu

179
×

LBH Parsaoran Bersama RUTAN I Labuhan Deli Lakukan Penyuluhan Hukum Bagi WBP Kurang Mampu

Sebarkan artikel ini

Labuhan Deli | TambunPos.com

Rutan Kelas I Labuhan Deli Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Sumatera Utara bekerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Parsaoran Lakukan Penyuluhan Hukum Kepada WBP kurang mampu dan Giat ini dilaksanakan di Ruang moralitas Rutan Kelas I Labuhan Deli, Sabtu (11/06/2022).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Acara ini dihadiri oleh Kasi. Pelayanan Tahanan Benny Wijaya Tarigan, Kasubsi Bakum dan Penyuluhan Andarias Barus beserta staf, Narasumber dari Lembaga Bantuan Hukum Parsaoran serta Warga Binaan Rutan Kelas I Labuhan Deli.

“Kegiatan ini dilakukan bertujuan agar seluruh WBP di Rutan Kelas I Labuhan Deli Indonesia berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 D ayat 1. Ini merupakan bukti hadirnya Negara dalam memberikan Kepastian Hukum kepada masyarakat,”Ucap Benny Tarigan dalam sambutannya

Sementara Elva Mayasari Surbakti S.H, selaku Narasumber menerangkan bahwa Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh pemberi Bantuan Hukum secara Cuma-cuma kepada penerima bantuan hukum (Orang atau kelompok orang yang Kurang mampu / miskin) dan diatur dalam Undang-Undang Nomor 16 tahun 2011 tentang Bantuan Hukum.

“Syarat untuk pembeberian bantuan hukum ialah Fotocopy KTP Pemohon atau dokumen lain yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang, Surat Keterangan tidak mampu dari lurah/kepala desa, dokumen yang berkenaan dengan perkara dan surat kuasa, jika permohonan diajukan oleh keluarga atau kuasanya,”terang Elva Mayasari

“Dan pemberi bantuan Hukum dilarang menerima atau meminta bayaran dari penerima bantuan hukum dan/atau pihak lain yang terkait dengan perkara yang sedang ditangani pemberi bantuan hukum,”terang Elva lagi.

Acara diakhiri kegiatan sesi tanyajawab oleh narasumber dengan Warga Binaan dan semua kegiatan berjalan dengan lancar dan baik.

(Haris/TP)

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~