Daerah

PTPN IV Bah Birong Ulu Diduga Kuasai Hutan Lindung

635
×

PTPN IV Bah Birong Ulu Diduga Kuasai Hutan Lindung

Sebarkan artikel ini

Simalungun | TambunPos.com

Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) IV unit Bah Birong Ulu bergerak di bidang kelapa sawit disebut telah lama mengelola kawasan hutan lindung di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara.

Kata warga, sudah puluhan tahun PTPN IV bah Birong Ulu ini menguasai dan mengambil hasil dari areal hutan lindung itu. Puluhan hektar itu lae yang ditanami sawit oleh PTPN IV, hasilnya entah dikemanakan dari hutan lindung dan hutan produksi tersebut tersebut, kata UN, selasa (15/11/2022).

Warga lain juga menerangkan luasan hutan lindung yang dikuasai PTPN IV Bah Birong Ulu sekitar dua hektar. Sementara hutan produksi yang dikuasai dan juga telah lama menghasilkan itu sekitar 47 hektar luasnya, kata kN Kamis (17/11).

Sementara manager PTPN IV Bah Birong Ulu inisial SS saat dikonfirmasi via telepon terkait kawasan hutan negara yang dikelola oleh PTPN membenarkan hal tersebut dikelola oleh pihak PTPN IV.

“Oh itu lagi pembaharuan pak” kata SS.

Kemudian maneger PTPN IV Bah Birong Ulu mengungkapkan bahwa kawasan hutan lindung yang telah lama di kuasai PTPN IV Bah Birong Ulu ini berpotensi merugikan satwa liar dan menguntungkan khas Badan Usaha Milik Negara (BUMN). SS mengatakan bahwa hasil hutan yang ditanami sawit itu masuk ke khas PTPN, bukan ke kantong kami, ungkap SS.

Maneger PTPN bah Birong Ulu kembali mengungkapkan luas kawasan hutan yang selama ini dibiarkan oleh pihak kehutanan dan ditanami oleh PTPN IV bah Birong Ulu berkisar 40 hektar,” ungkap SS.

(THP/TP)

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~