Uncategorized

Tingkatkan Tata Kelola Usaha UMKM, Pemdes Sukamandi Hilir Kerjasama dengan Rumah BUMN UMKM PT Telkom.

298
×

Tingkatkan Tata Kelola Usaha UMKM, Pemdes Sukamandi Hilir Kerjasama dengan Rumah BUMN UMKM PT Telkom.

Sebarkan artikel ini

Pagar Merbau I TambunPos.com

Pemerintah Desa Sukamandi Hilir Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten Deli Serdang bekerjasama dengan Rumah BUMN UMKM PT Telkom Deli Serdang dalam program Digitalisasi pemasaran di Media Sosial,Senin (19/09/2022).

Saat ini di Desa Sukamandi Hilir banyak warga yang menjadi palaku usaha seperti Kerajinan tangan, Akrilik ,Lampion dari limbah Pipa Paralon,pembuatan emping Melinjo,Kue basah dan lain lain yang selama masih dikelola secara manual.

Kepala Desa Sukamandi Hilir Bahrul Ilmi,S Pd,
dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini dimaksudkan untuk menigkatkan keterampilan manajemen usaha terutama dalam hal pemasaran di era Digitalisasi bagi pelaku UMKM agar terus maju dan berkembang dalam menjalankan usahanya.

“Usai pendemi Covid 19 usaha UMKM ini terbukti tetap hidup dan menjadi tiang penyangga ekonomi. Pelaku UMKM adalah pahlawan ekonomi yang tak kenal menyerah dan putus asa. Pelaku UMKM harus maju dan berkembang untuk menjalankan usahanya.” terang Kepala Desa.

“Hari ini kami bekerjasama dengan Rumah BUMN UMKM untuk mengembangkan dan pemasaran UMKM di Media Sosial pada Era Digitalisasi ,” jelas Bahrul lagi.

Sementara itu Fasilitator Rumah BUMN UMKM PT Telkom,Muhammad Alfatah diadampingi Ibu Sulintia menjelaskan,

”Kunci sukses dalam berwirausaha terletak pada mental kita berwirausaha yaitu keuletan dan kesabaran. Jadi sebetulnya ada modal, ada fasilitas dan lain sebagainya hanya sebagai pelengkap. Selama mental kita tidak kuat, susah untuk mencapai kesuksesan. Pelaku usaha harus mampu menyiapkan mental untuk menghadapi resiko terhadap kendala-kendala yang ada. Pelaku usaha harus maju terus tidak surut akan kendala yang dihadapi,”jelasnya.

Lebih lanjut Alfatah memaparkan bahwa pelaku UMKM harus segera menyiapkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Nama Usahanya. Hal tersebut dapat memperkuat pelaku UMKM itu sendiri serta menyangkut tentang produk, harga, distribusi, promosi, produksi, keuangan dan sumber daya manusianya. Pelaku UMKM harus mampu memanfaatkan dan membaca sebuah peluang untuk memanfaatkan Internet sebagai sarana. Selain itu, pelaku wirusaha juga perlu inovatif dan kreatif untuk menciptakan nilai tambah dari sebuah produk.

Sebelum acara selesai Ibu Muntama salah seorang pelaku Usaha yang terkenal dengan branding “Siomay Bohay” membagikan pengalamannya memanfaatkan Media Sosial untuk kemajuan usahanya.

“Kita harus manfaatkan medsos untuk kemajuan usaha kita ,kita juga harus berani tampil ,berani bertanya dan ciptakan inovasi baru agar konsumen tertarik dan membeli produk kita ,”jelasnya bersemangat.

Kegiatsn ini dihadiri oleh Kades Sukamandi Hilir Bahrul Ilmi,S Pd, Sekretaris Desa Sugianto,SE, Fasilitator Rumah BUMN Muhammad Alfatahdan Ibu Sulintia ,Tokoh Masyarakat,Tokoh Pemuda,pelaku UMKM Ibu Muntana serta para palaku UMKM Desa Sukamandi Hilir Kecamatan Pagar Merbau.
(ris/TP)

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~