DaerahKamtibmasSumut

Wabup : FKDM Berperan Beri Rasa Aman dan Kondusivitas di Kabupaten Deli Serdang

157
×

Wabup : FKDM Berperan Beri Rasa Aman dan Kondusivitas di Kabupaten Deli Serdang

Sebarkan artikel ini

LUBUK PAKAM I TAMBUNPOS.COM

Salah satu yang membuat Kabupaten Deli Serdang aman dan kondusif adalah keberadaan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM)

Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar ketika membuka Rapat Koordinasi (Rakor) FKDM Kecamatan se-Kabupaten Deli Serdang Tahun Anggaran 2022 di Gedung Serbaguna PKK Deli Serdang, Lubuk Pakam, Rabu (14/12/2022) mengatakan,

“Tugas FKDM yang paling penting adalah mendeteksi permasalah di kecamatan. Saya atas nama Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang mengucapkan terima kasih telah memberi manfaat kepada masyarakat. Dan, kita harus mempersiapkan tahun politik,” kata Wakil Bupati.

Atas keberadaan FKDM pula diharapkan Kabupaten Deli Serdang bisa lebih baik lagi dan tetap bersatu.

“Rapat koordinasi ini harus menjadi solusi memberi rasa nyaman di tengah masyarakat, memberi informasi kepada pemerintah demi mengambil kebijakan. Bisa mengumpulkan bahan dan keterangan, serta menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Amannya Deli Serdang tidak terlepas dari peran FKDM,” tegas Wabup.

Sementara itu, Ketua FKDM Deli Serdang, Soelarno SH di kesempatan yang sama menuturkan semua elemen masyarakat harus memahami tentang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan.

“FKDM selaku mata telinga pemerintah dan masyarakat, kita harus netral dalam hal politik. Ekonomi saat ini adalah harus menjaga stabilitas ekonomi di wilayah kecamatan. Apalagi sebentar lagi ada perayaan Natal. Kita harus terus menaikan aktivitas kita di gereja-gereja. Jangan sampai terganggu dengan ancaman bom bunuh diri,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Deli Serdang, Drs Zainal Abidin Hutagalung dalam laporannya berharap rapat tersebut bisa meningkatkan kemampuan untuk menjaring, mengomunikasikan, dan menampung konfik sosial di masyarakat.

Harus bisa mendeteksi masalah yang akan terjadi di masyarakat dengan tujuan untuk kekondusivitasan di Kabupaten Deli Serdang.

“Semoga rapat koordinasi ini bisa memperkuat dan memberikan kemampuan FKDM Deli Serdang dengan memiliki kualitas, loyalitas, integritas, sehingga Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dapat menerima informasi lalu diselesaikan segala permasalahan. Kita harus memiliki kekuatan naluri intelijen, kita juga harus memilah informasi-informasi yang ada,” terang Kepala Badan Kesbangpol.

Hadir pula pada pembukaan rapat koordinasi itu, Kasi Trantib Lubuk Pakam, Arapen Ginting SSos; Kabid dan Staf Kesbangpol Deli Serdang; Ketua FKDM Kecamatan se-Kabupaten Deli Serdang dan undangan lainnya.
(ris/TP)

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~