DaerahSumut

Ibu Peran Mu Sangat Penting Dalam Memajukan Bangsa

171
×

Ibu Peran Mu Sangat Penting Dalam Memajukan Bangsa

Sebarkan artikel ini

LUBUK PAKAM I TAMBUNPOS.COM

Hari Ibu di Indonesia bukan hanya sebagai apresiasi negara terhadap sosok ibu sebagai perempuan hebat dalam keluarganya, tetapi lebih dari itu tapi sosok Ibu di Indonesia mempunyai makna berbeda dengan negara lain dan peringatan Hari Ibu di Indonesia dilaksanakan untuk mengenang dan menghargai sepak terjang perempuan pejuang Indonesia dalam memajukan bangsa.

Seperti kita ketahui Kongres perempuan pertama pada 22-25 Desember 1928 silam, yang kemudian diperingati sebagai Hari Ibu menunjukkan keberhasilan kaum perempuan untuk berdiri bersama dengan kaum laki-laki dalam memperjuangkan Indonesia.

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan dalam Peringatan Hari Ibu ke-94 Kabupaten Deli Serdang di Balairung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, Rabu (21/12/2022) mengatakan,

“Semangat kaum perempuan pada masa itu menjadi inspirasi dalam mewujudkan pembangunan yang berkesetaraan gender di Kabupaten Deli Serdang,” kata Bupati Deli Serdang.

Hadir di acara Peringatan Hari Ibu Bupati Ddli Serdang H Ashari Tambunan, Ketua TP PKK Deli Serdang, Hj Yunita Ashari Tambunan; Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar; Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang, Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar; Dandim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto SH MSi; Ketua Panitia yang juga Ketua Persit Chandra Kirana Kodim 0204/DS, Ny Tika Yoga Febrianto; Ketua PN Agama Lubuk Pakam, Drs H Juani SH MH; Kasi Intel Kejari Deli Serdang, Boy Amali SH dan istri; anggota DPRD Deli Serdang, Dra Hj Wastiana Harahap dan Dra Hj Sa’adah Lubis; Ketua MUI Deli Serdang, KH Amir Panatagama SPdi; Sekda Kabupaten Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP; Ketua Dharma Wanita Persatuan Deli Serdang, Hj Boya Yanti Timur Tumanggor; para staf ahli, pimpinan dan perwakilan OPD, camat, dan lainnya; Ketua Organisasi Wanita Deli Serdang.

Bupati juga menjelaskan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara, Indeks Pembangunan Gender (IPG) Kabupaten Deli Serdang tahun 2021 sebesar 91,18 persen. Sedangkan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Deli Serdang tahun 2021 sebesar 75,53 persen dan Indeks Pemberdayaan Gender (IPG) Kabupaten Deli Serdang tahun 2021 sebesar 55,14 persen.

“Masih banyak yang perlu dilakukan untuk menciptakan perempuan-perempuan tangguh yang mandiri dan berkontribusi dalam berbagai bidang pembangunan di Kabupaten Deli Serdang. Dan untuk mewujudkannya, dibutuhkan dorongan dan dukungan dari seluruh pilar-pilar pembangunan, baik pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan media massa (pers), agar para perempuan semakin berdaya dan merasakan manfaat pembangunan yang setara,” ucap Bupati lagi.

Sesuai tema Peringatan Hari Ibu ke-94, “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”, Bupati mengajak semua perempuan, khususnya di Kabupaten Deli serdang untuk terus maju, mampu menjadi sosok mandiri, kreatif inovatif, percaya diri, serta meningkatkan kualitas dan kapabilitas diri, sehingga bersama laki-laki dapat menjadi kekuatan besar dalam membangun keluarga, masyarakat dan bangsa.

Dan hal itu, tentu dengan tidak melupakan perannya sebagai seorang ibu dan istri di dalam keluarga.

Acara itu juga dirangkai dengan pemberian penghargaan Gender Champion oleh Bupati Deli Serdang kepada tokoh-tokoh yang dianggap memiliki komitmen mewujudkan kesetaraan gender di Kabupaten Deli Serdang, antara lain Prof Dr Ir Abdul Rauf, KH Amir Panatagama SPdI, Drs Hj Sa’adah Lubis, Dahlia Br Ginting, Erika Rosmawati, Jamiatun, Lisma Kurniawati, Muhdi SAg, Nursalis Nasution, Patimah, Rafika Johani, Sri Rahayu dan Zuliana.

Bupati juga memberi apresiasi kepada organisasi perempuan atas dukungan layanan gizi spesifik dalam percepatan penurunan stunting, yakni Ketua TP PKK Kabupaten Deli Serdang, Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0204 DS, Ketua Aisyiyah Deli Serdang, Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama Deli Serdang, Ketua Adhyaksa Dharmakarini Kejari Deli Serdang dan juga penghargaan lain di bidang PKK, P3A-P2KB dan kesehatan.

“Mudah-mudahan dengan pemberian penghargaan ini, bias menjadi motivasi bagi perempuan-perempuan hebat Kabupaten Deli Serdang untuk terus berprestasi dan menorehkan inovasi demi kemajuan pembangunan yang lebih baik dan berketahanan keluarga,” harap Bupati.

(ris/TP)

 

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~