NasionalSumut

Hebat !! Lapas Kelas I Medan Gandeng PT Pegadaian Untuk Berikan Pelatihan Pelayanan Prima kepada Petugas

258
×

Hebat !! Lapas Kelas I Medan Gandeng PT Pegadaian Untuk Berikan Pelatihan Pelayanan Prima kepada Petugas

Sebarkan artikel ini

MEDAN | Tambunpos.com

Bekerja sama dengan PT Pegadaian, Kantor Area Medan 2, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan melaksanakan kegiatan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima kepada pegawai Lapas, Senin (8/8) pagi. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyakatan Kelas I Medan, Maju A. Siburian.

Dalam sambutannya, Maju menyampaikan terima kasihnya kepada PT Pegadaian Kantor Area Medan 2 yang telah bersedia memberikan pelatihan kepada petugas Lapas dalam hal pelayanan prima. “Sebagaimana kita ketahui, Direktur Jenderal Pemasyarakatan juga menegaskan bahwa Pemasyarakatan sejatinya adalah pelayan, yakni melayani Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan masyarakat. Oleh karena itu, pelayanan prima harus terus dilaksanakan, khususnya terkait hak-hak WBP,” ungkap Maju.

Pelayanan prima yang selama ini dipraktikkan oleh pegawai pegadaian kepada nasabahnya diharapkan dapat dijadikan panduan bagi petugas Lapas Medan saat memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Narasumber Irwansyah Harahap yang merupakan Assisten Manager II, menjelaskan Excellent Service menjadi hal yang perlu dipahami dan diterapkan dalam dunia kerja. Dalam hal ini misalnya meliputi, langkah-langkah menuju Service Excellence, aspek-aspek Service Excellence, pilar-pilar dalam membangun mutu layanan, Strategi dalam memberikan pelayanan yang optimal bagi pengguna layanan, etika dalam melayani dan berkomunikasi dan juga Hal dalam standart pelayanan penampilan.

“Anggaplah Bapak/Ibu adalah penjual dan masyarakat sebagai customer-nya, Aparatur Sipil Negara adalah teller dan masyarakat adalah nasabahnya. Dengan analogi tersebut dan pepatah customer adalah raja, maka dapat disimpulkan bahwa pelayanan prima memang sudah selayaknya kita berikan kepada masyarakat,” ucapnya.

“Selalu menerapkan budaya senyum dan sapa dan Bapak/Ibu petugas harus peduli dengan lingkungan dan masyarakat yang dilayani, selain itu setiap pekerjaan juga harus selalu berorientasi pelayanan,” tandas Irwansyah.

Turut hadir Kepala Satuan Pengamanan, Lamarta Surbakti, Kabid Adm. Kamtib. Suranta Sinuraya, Kabid Kegiatan Kerja, Eben H. Depari, pejabat Struktural Eselon IV JFU dan JFT Pada Lapas I Medan dan Kepala Cabang Pegadaian Setia Budi, Linda Herawati Siregar didampingi Assisten manager II, Irwansyah Harahap dan Lestari Sembiring.

(ris/TP)

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~