Scroll Untuk Baca Artikel
DaerahKemanusiaanKesehatanPendidikanPertanianSeni dan BudayaSosialSumatera Selatan

Mengenal Salah Satu Suku Penjaga Hutan di Musi Banyuasin

170
×

Mengenal Salah Satu Suku Penjaga Hutan di Musi Banyuasin

Sebarkan artikel ini

MuBA Sumsel I TambunPos.com

Suku ini di sebut Suku Anak Dalam (SAD) adalah salah satu suku yang ada Musi Banyu Asin Sumatera Selatan, tepatnya Kecamatan Bayung Lancir dan Kecamatan Batang Hari Leko serta masih banyak lagi Suku yang menetap di Pedalaman Hutan.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Tapi kini keberadaanya kini sudah banyak bermasyarakat, dengan membentuk suatu kampung untuk hidup berdampingan dengan keluarga lain.

Pemerintah Musi Banyuasin pun sudah banyak memberikan perhatian kepada warga Suku Anak Dalam ini, seperti halnya dengan memberikan bantuan tempat tinggal, pakaian, serta makanan bergizi, Minggu(15/01/2023).

Pj Bupati Musi Banyuasin, Apriyadi Mahmud mengatakan, keberadaan Suku Anak Dalam di wilayah Musi Banyuasin (MUBA) cukup banyak, mereka sudah banyak yang hiduo bermasyarakat dengan membuat suatu perkampungan.

Bahkan, beberapa lokasi keberadaan Suku Anak Dalam ini, sudah banyak diturunkan para pengajar atau pendidik, agar Warga Suku Anak Dalam bisa mengetahui aksara bahasa indonesia, serta mengenal pendidikan.

” Saat ini keberadaan Suku Anak Dalam yang ada di wilayah Muba, sudah banyak yang mengenyam sekolah dan juga sudah banyak yang bisa membaca aksara bahasa indonesia. Kita selalu memberikan bantuan baik pengobatan puskesmas, mauoun tempat tinggal serta pakaian dan makanan” pungkas Apriyadi.

Bahkan saat ini petugas dari Disdukcapil Musi Banyuasin juga tengah melakukan perekaman di wilayah Kampung Suku Anak Dalam yang ada di dua kecamatan, agar mereka layak menjadi warga negara indonesia yang sama haknya, dengan memiliki KTP serta Kartu Keluarga dan tercatat didalam data Dukcapil.

Apalagi Suku Anak Dalam adalah salah satu suku yang selalu menjaga kelestarian Hutan, khususnya di Kabupaten Musi Banya Asin Provinsi Sumatera Selatan
(Red)

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~