DaerahKemanusiaanPertanianPerumahanSumut

Pemkab Deli Serdang dan Pemko Medan Teken Kerjasama Demi Kemajuan Sumatera Utara

206
×

Pemkab Deli Serdang dan Pemko Medan Teken Kerjasama Demi Kemajuan Sumatera Utara

Sebarkan artikel ini

Lubuk Pakam | TambunPos.com

Muara kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemko) Medan, selain untuk kemajuan Kota Medan dan Deli Serdang, tapi juga Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

“Kerjasama ini meliputi batas wilayah antara Medan dan Deli Serdang, penanggulangan bencana alam, kebakaran, pengendalian banjir, pemanfaatan pengelolaan sampah dan tempat pemrosesan akhir serta hal-hal lain sesuai kebutuhan masing-masing masyarakat. Dan tentu saja, mengikuti seluruh peraturan yang berlaku,”Ungkap Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan usai Penandatanganan Kesepakatan Penguatan Kerjasama antara Pemkab Deli Serdang dan Pemko Medan di Convention Hall Deli Serdang, Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) depan Kantor Bupati Deli Serdang,” Rabu (28/12/2022).

Dengan penandatanganan kesepakatan itu, sambung Bupati, maka program konkrit kerjasama yang disepakati bisa dilaksanakan secara optimal berdasarkan pertimbangan efektivitas dan efisiensi dalam pemenuhan pelayanan publik serta tetap memegang prinsip sederajat dan saling menguntungkan sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No.28 Tahun 2018 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.22 Tahun 2020.

Bupati berharap kerjasama tersebut ditindaklanjuti dengan aksi nyata, sehingga berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Walikota Medan, M Bobby Afif Nasution menyampaikan,”Pembangunan Kota Medan berkaitan erat dengan Deli Serdang. Misalnya, persoalan banjir di Kota Medan, sekeras apapun Pemko Medan berupaya menanggulangi banjir, solusinya ada di Deli Serdang,” jelasnya.

“Ini tentunya butuh pembangunan yang berkesinambungan antar daerah. Tidak hanya mau membangun di Kota Medan atau di Deli Serdang saja, karena tidak akan menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, butuh kerjasama antara Pemko Medan dan Pemkab Deli Serdang, sehingga banjir Kota Medan dan Deli Serdang bisa teratasi dan ini sangat luar biasa,” tegas Bobby.

Bobby mencontohkan Bendungan Lau Simeme yang sedang dalam pembangunan. Untuk Kota Medan, fungsi bendungan tersebut mencapai 40 persen lebih. Dan, nantinya bisa menanggulangi banjir di Kota Medan.

“Kesepakatan kerjasama ini memastikan salah satunya secara hukum bagaimana ke depannya di 2023, kami (Pemko Medan) secara pengerjaan infrastruktur di wilayah Deli Serdang. Pembangunan jalannya yang hari ini mungkin masih belum baik kondisinya, tahun depan akan kami kerjakan. Dan ada lima titik jalan yang akan dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan di wilayah Deli Serdang,” terang suami Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo ini.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP dalam laporannya mengemukakan penandatanganan kesepakatan penguatan kerjasama tersebut dirangkai dengan sejumlah kegiatan, antara lain pemberian bantuan kepada 1.930 bilal mayit, pemberian bantuan kepada 1.605 penggali kubur, penyerahan hasil bedah rumah kepada 551 warga secara simbolis, pemberian bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Terbaik Tingkat Kabupaten Deli Serdang.

Dihelat juga pertandingan sepakbola antara kepala daerah plus Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Deli Serdang kontra tim yang diisi para kepala desa se-Deli Serdang di Stadion Baharoedin Siregar Lubuk Pakam.

Hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar; Ketua DPRD Deli Serdang, Zaky Syahri SH; Dandim 02/04 DS, Letkol Czi Yoga Febrianto SH MSi; Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Irsan Sinuhaji MH SIK; Danbrigif 7/RR, Kolonel Inf I Gede Setiawan; Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP; Wabup Serdang Bedagai (Sergai), H.Adlin Umar Yusri Tambunan ST MSP; Wabup Labuhan Batu Utara (Labura), H Syamsul Tanjung ST MH; Bupati Batu Bara, Ir Zahir MAP; Pj Walikota Tebing Tinggi, M Dimiyathi SSos MTP; Sultan Serdang, T Achmad Tala’a; tokoh masyarakat Deli Serdang, Darwin Zein SSos; para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Deli Serdang; camat; lurah/kepala desa se-Kabupaten Deli Serdang.

(Riz/TP)

TambunPos

~Tidak ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang kamu inginkan~